Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Sigambir

Sigambir – Dana Desa adalah dana dari pemerintah pusat atau dana yang bersumber dari APBN kepada pemerintah desa, yang mana dalam penggunaannya adalah untuk pembangunan infrastruktur desa serta untuk pemberdayaan masyarakat desa. Dalam kesempatan ini Desa sigambir mengadakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa yang dikuti oleh 50 orang peserta terdiri dari aparatur pemerintah desa sigambir sendiri beserta anggota lembaga Desa seperti Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD), Karang taruna, Kader PKK beserta kader posyandu.

Dalam penyelenggaraan program pemberdayaan masyarakat desa ini ada dua pelatihan yang diadakan oleh pemerintah Desa Sigambir, yang pertama pada tanggal 26 desember 2017 yaitu Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dan Lembaga Desa dalam bidang pengoperasian komputer dan jaringan internet yang bertempat di Lab Komputer SMA N 02 Brebes dengan narasumber / pembicara adalah dari Guru  SMA N 02 Brebes yaitu ibu Arie Kurnia H, S. Kom. dan Bpk. Kamal Musthafa P, S. Kom., para peserta terlihat sangat antusias dan semangat mengikuti kegiatan ini, walaupun sebagian besar aparatur dan lembaga desa usianya tidak lagi muda tetapi mereka begitu termotivasi untuk bisa mengoperasikan komputer.

Pelatihan Kedua diadakan pada tanggal 27 desember 2017 yang  bertempat di aula Desa Sigambir yaitu pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa dan lembaga desa dalam bidang pengelolaan pembangunan desa, keuangan desa serta pengadaan barang dan jasa dengan pembicara / narasumber dari Dinpermades Kab. Brebes yaitu  Bpk. Muhammad Darmawan Adi Nugroho, SSTP, M. Si dan Bpk. Tedy Maulana Iqbal S.E, serta hadir juga Bpk Slamet Budi Raharjo, S. IP dari Kantor Kecamatan Brebes beliau mewakili Bpk. Camat Brebes yang berhalangan hadir, di pertemuan yang kedua ini peserta diberi informasi dan pemaparan tentang apa itu dana desa, penggunaannya beserta aturan2nya, pelaksanaan survei harga untuk pengadaan barang dan jasa, kemudian penjelasan tentang sistem keuangan desa yang kini berupa aplikasi (siskeudes), dan informasi informasi tentang pemerintahan desa.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari Bpk. Camat Brebes Bpk. Eko Purwanto, BA, S.IP dan beliau juga menghimbau supaya desa desa yang lain turut ikut mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa semacam ini guna untuk menambah pengetahuan dan tentunya peningkatan kapasitas sumber daya manusia khususnya aparatur desa dan lembaga desa. Ayo masyarakat Desa Sigambir, bersama sama Pemerintah Desa membangun Desa kita ini Desa Sigambir yang tercinta, Pemerintah Desa hanyalah penyelenggara, dan semua program pemerintah desa tidak akan berjalan tanpa dukungan dan motivasi dari semua warga masyarakar Desa Sigambir. (Hikmah Rizqiyah)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan